8.1.10

promosi ITB di 8

tadi siang (atau sore), puluhan siswa berseragam berkumpul di AV GRANDE SMAN 8 Jakarta. iya, sma 8 itu dulu sekolah gue. ceritanya kan gue udah masuk dan sedang berkuliah di itb nih. setelah merasakan indahnya berkuliah di itb (tanpa adanya uts dan uas), gue pun pengen adek-adek kelas gue yg di 8 masuk juga ke itb. kan gue baek, pengen orang lain juga merasakan kebahagiaan yang sama (aseek).

suasana di AV GRANDE (capek nulisnya capslock mulu, sekarang disingkat jadi avg aja ya) sangatlah penuh-sesak. karena yang hadir di ruangan itu gak cuma siswa sma yang jumlahnya puluhan, tapi juga alumnus sma 8 yang jumlahnya juga tidak sedikit. ruangan avg pun dipenuhi lebih dari 100 orang, mungkin juga 200.

acara dimulai pada jam 3, moderator sekaligus panelis adalah ail (ail itu nama orang loh) dari FTSL. ia ditunjuk oleh dani sebagai koordinator acara presentasi untuk membacakan slide karena ail adalah seorang mahasiswa itb yang dulu punya image baik dan dihormati di kalangan adek-adek kelas. tapi ini mungkin, sekali lagi mungkin, sekali lagi mungkin. oia, dani adalah seorang wanita. oke?

acara pun berjalan tertib dan tenang, walaupun terlihat ada alumnus yang bersenda gurau dan asik mengobrol saat ail berbicara. mereka pasti memanfaatkan momen ini untuk reunian. kemungkinan bahan obrolannya : memamerkan behel baru, menceritakan pacar baru dan cowo/cewe cakep di fakultasnya, menceritakan si p*ndito yang dapet kerjaan baru di kosannya yudha dll.

oke kembali fokus pada acara.

ail menjelaskan slide yang berisi tentang pengenalan tiap fakultas, keunggulan itb, jalur penerimaan mahasiswa baru itb, joroknya kolam intel di itb (eh yang satu ini cuma bercanda), dll. juga diakhir presentasi ditampilkan contoh soal skolastik usm itb. dengan contoh soal ini para siswa ditunjukkan cara menjawab soal dengan cerdik dan efektif. nah disini panelisnya berganti menjadi dera dari STEI, maklum anda pasti mengerti kenapa dera yang ditunjuk. bagi yang belum ngeerti silahkan kenalan dengan dera di 0856xxxxxxx, dera pasti akan membuat anda mengerti apa maksud saya.

oke yang diatas bercanda. dera itu anak STEI dan dia dulu masuk itb lewat jalur usm dan juga merupakan peserta olimpiade sains kimia yang legendaris saat masih berkiprah di sma 8. saat di itb pun ia langsung menunjukkan taringnya dengan menjabat sebagai ketua angkatan STEI 2009. saya rasa profil tentang dera cukup sampai disitu. jika ingin tau lebih lanjut tentang dera silahkan ketik reg spasi dera dan kirimkan ke 666, dijamin gak ada yang balas (kalau dibalas tamatlah anda).

cukup dengan dera, acara pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. banyak juga yang bertanya, ada yang bertanya tentang persentase diterima di usm, tentang organisasi, juga ada yang bertanya tentang bobot organisasi, apa maksud pertanyaannya gue juga kurang yakin. tapi yang penting antusiasme siswa untuk masuk itb tergambarkan disini.

pertanyaan pun dijawab satu per satu dengan sabar sampai semua mengerti dan puas, sampai-sampai januar FTSL sampai ngasih penjelasan eksklusif buat seorang siswa yang bertanya tentang kemitraan dan bridging.

ada beberapa pertanyaan tadi yang bisa gue jawab menurut bahasa gue:

1. gimana bentuk keorganisasian di itb itu?
jawab: tadi sore ail menjelaskan bahwa organisasinya itu ada kabinet, ada kongres, dan juga himpunan. yang ingin gue tambahkan adalah sebenarnya semua badan yang disebut oleh ail itu ada didalam suatu sistem yaitu keluarga mahasiswa itb (KM-ITB). ibaratnya pemerintahan kabinet adalah sama fungsinya dengan kabinet RI, sedangkan kongres sama fungsi dengan DPR. kabinet sendiri bertanggung jawab kepada kongres yang anggotanya adalah perwakilan dari tiap himpunan dan unit.

2. mana yang dilihat terlebih dahulu nilai akademik atau psikotes? (pertanyaan khusus jalur usm)
jawab: handy dari FTI tadi menjawab bahwa bila nilai akademik sama maka selanjutnya yang dilihat hasil psikotes. tapi dari pengetahuan dari senior-senior gue yang dii itb dan analisis gue sendiri saat gue juga akan ikut usm dulu, yang menentukan anda pantas atau tidak menjadi mahasiswa itb adalah hasil psikotes dan skolastik, hasil dari ini juga untuk penempatan fakultas atau sekolah. apabila anda sudah ada di fakultas berdasarkan hasil psikotes dan skolastik maka akan diadu seperti sistem snmptn dengan nilai akademik anda.
note: yang dimaksud nilai akademik adalah hasil tes matdas, fisika, kimia, dan biologi

itu semua jawaban yang berdasarkan pengetahuan dan pandangan gue. sorry bgt klo ada yang ngawur. dan gue juga berniat baik yaitu agar adek-adek bisa tambah informasi yang tepat, bukannya gue mau sok tau atau gimana.

ya akhirnya setelah tanya jawab selesai, para alumni menunjukan salam terbaik mereka, salam ganesha.

untuk tuhan, bangsa dan almamater. salam ganesha.. mulai!
SALAM GANESHA, BAKTI KAMI UNTUKMU TUHAN, BANGSA DAN ALMAMATER! MERDEKA!

acara pun bubar dengan tertib and the end.
semoga apa yang gue tulis disini bermanfaat buat gue dan pembaca. amin

guten aben und tschus!

No comments:

Post a Comment